IndonesiaNews

Garuda Indonesia Batalkan Pesanan Boeing 737 Max 8

Story Highlights

  • Garuda Batalkan Pemesanan Boeing 737 MAX 8

Garuda Indonesia telah mengkonfirmasi pihak Boeing bahwa mereka ingin membatalkan pesanan senilai $4,9 miliar untuk 49 pesawa boeing 737 MAX 8. Juru bicara Garuda Indonesia Ikhsan Rosan mengatakan kepada wartawan bahwa maskapai ini membatalkan karena khawatir ditinggal pelanggan, karena beberapa kejadian kecelakaan, sehingga pelanggan tidak mau lagi pakai MAX 8.”

“Penumpang itu sudah nggak mau pakai MAX 8,”

Garuda Indonesia awalanya memesan 50 pesawat 737 MAX 8, dan Boeing telah mengirim pesawat pesanan pertama pada Desember 2017. Maskapai ini sudah mengoperasikan 77 model Boeing 737 yang lain; dua dari pesawat yang dipesan adalah konversi dari pesanan sebelumnya untuk 737-800. Garuda juga menerbangkan Boeing 777-300 ER, dan perusahaan telah mengandangkan armada 747-400 dalam beberapa tahun terakhir – sehingga maskapai mencari pesawat jarak jauh yang ekonomis.

Tetapi stigma yang sekarang melekat pada 737 MAX 8 mungkin telah merusak hubungan itu. Maskapai ini juga memesan 14 Airbus A330neo, desain berbadan lebar yang sebanding dengan Boeing 787 Dreamliner; maskapai ini juga menerbangkan 24 A330 model awal. Jika Garuda berhasil membatalkan kesepakatannya dengan Boeing, kemungkinan pemenangnya adalah Airbus. A320neo Airbus adalah pesawat yang paling sebanding dengan 737 MAX dalam hal biaya dan jangkauan.

Pembatalan Garuda hanya akan mengurangi jumlah total 737 MAX yang dipesan. Berdasarkan data dari Boeing, pada Februari ada 4.636 pesanan yang tidak terisi, sehingga pesanan yang belum dibayar dari Garuda akan mencapai sedikit lebih dari satu persen dari simpanan Boeing. Namun, keluarnya Garuda bisa menandakan masalah jangka panjang yang lebih besar untuk Boeing karena operator lain dengan armada campuran pesawat mengevaluasi kembali kerjasaman mereka.

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close